18 Juni 2024

Keutamaan ‘lmu dan Ulama

Hadist-hadist Rasulullah ﷺ tentang keutamaan ‘ilmu dan Ulama.

وَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ : (مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًاً يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ».

Rasulullah ﷺ bersabda : “Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan padanya, niscaya Allah akan jadikan ia faham dalam agama”

Hadist yang pertama ini menjelaskan tentang keutamaan orang yang paham didalam agama. Dan barangsiapa yang Allah azza wa jalla menginginkan kebaikan untuk dirinya maka Allah akan mudahkan untuknya didalam memahami agama. Dan yang dimaksud dengan memahami disini adalah yang dapat memahami ucapan lalu mengamalkannya.

Ibnul Qoyyim rahimahullah ta’la menjelaskan didalam kitabnya “مفتاح دار السعادة ” Bahwasanya para ahli ilmu telah bersepakat yang dimaksud dengan “paham” Adalah yang terkumpul didalamnya Ilmu dan amal.

وَعَنْهُ : «الْعُلَمَاءُ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ»

“Para ‘Ulama adalah pewaris para Nabi”

Cukuplah dengan kedudukan ini sebagai suatu kemulian dan kehormatan. Tidak ada suatu kemulian yang lebih tinggi dari pada kedudukan para Nabi. Dan tidak ada kemulian melebihi dari kemulian warisannya para Nabi.

وَعَنْهُ ﷺ لِمَا ذُكِرَ عِنْدَهُ رَجُلَانِ أَحَدُهُمَا عَابِدٌ وَالْآخَرُ عَالِمٌ فَقَالَ: «فَضْلُ الْعَالِمُ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِي عَلَى أَدْنَاكُمْ».

Suatu ketika dikatakan disisi Nabi ﷺ antara dua orang yang satu adalah ahli ibadah. Dan satu lagi Ahli ilmu. Beliau ﷺ bersabda : “Keutamaan ahli ilmu atas ahli ibadah seperti keutamanku atas orang paling rendah dari kalian.”

Hadist ini menjelaskan tentang keutamaan Ahli Ilmu dari Ahli ibadah. Ahli ‘ilmu lebih Utama dari pada Ahli ibadah.

Rasulullah ﷺ bersabda:
مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَبْتَغِي فِيهِ عِلْمًا سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الجَنَّةِ، وَإِنَّ المَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضَاءً لِطَالِبِ العِلْمِ، وَإِنَّ العَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الأَرْضِ حَتَّى الحِيتَانُ فِي المَاءِ، وَفَضْلُ العَالِمِ عَلَى العَابِدِ، كَفَضْلِ القَمَرِ عَلَى سَائِرِ الكَوَاكِبِ، إِنَّ العُلَمَاءَ وَرَثَةُ الأَنْبِيَاءِ، إِنَّ الأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا إِنَّمَا وَرَّثُوا العِلْمَ، فَمَنْ أَخَذَ بِهِ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِر

“Siapa yang menempuh jalan dalam rangka menuntut ilmu maka Allah akan perjalankan (mudahkan) ia jalan menuju Surga. Sungguh para malaikat mengepakkan sayap-sayap mereka karena ridha dengan penuntut ilmu. Sungguh orang alim benar-benar dimintakan ampun oleh makhluk di langit dan di bumi hingga ikan di laut. Keutamaan ahli ilmu dibanding ahli ibadah bagaikan keutamaan bulan atas seluruh bintang. Para ahli ilmu adalah perawis para Nabi. Para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham tetapi mewariskan ilmu. Siapa yang mengambilnya berarti telah mengambil keuntungan yang besar.”

Diantara keutamaan yang besar tentang ilmu dan orang-orang yang memiliki ilmu adalah bahwasanya para malaikat memohon ampunan kepada Allah bagi para penuntut ilmu serta mendo’akannya dan meletakkan sayap² nya untuk para penuntut ‘ilmu.

Lalu pengarang kitab menyebutkan beberapa hadist palsu tentang keutamaan ilmu dan ulama.

Apakah hadits palsu bisa diamalkan kalau maknanya shohih?

Sumber Syariat Islam adalah Al Quran dan Sunnah, kalau ada kata atau makna yang bagus bukan dari keduanya maka bukan bagian dari Islam dan tidak boleh diamalkan sebagai ibadah.

Akan tetapi kalau yang dimaksud bahwa hadits palsu tapi secara makna shohih, dalam arti makna yang terkandung di dalamnya adalah sesuai atau serupa dengan Ayat atau hadits yang lain. Hadits palsu tersebut tetap tidak boleh diamalkan, tapi kita beramal dengan ayat atau hadits shohih yang menunjukkan kepada makna tersebut.

Kita ulangi lagi, bahwa hadits palsu itu adalah palsu walau kandungan isinya bagus, karena maksud dari palsu itu adalah palsu penisbatan (penyandaran) kepada Nabi Shalallahu’alaihi Wasallam.

Insya Allah hadist-hadist shohih yang menjelaskan tentang keutamaan ilmu sangatlah banyak. Dan bisa amalkan dengan hadist² tersebut.

Dan pengarang kitab disini membawakan hadist² palsu hanya menjelaskan akan keutamaan ilmu dan beliau juga menjelaskan bahwa hadist² tersebut merupakan hadist palsu.

Wallahu A’lam

===========================

Ringkasan Kajian Kitab Tadzkirah Assami’ wal Mutakallim Fii Adabil ‘Alim wal Muta’allim Oleh Ustadz Rahmat Ridho, S. Ag Hafidzahullah Ta’ala

Penulis: Ustadz Rahmat Ridho, S. Ag | Editor: Resma

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *