17 Juli 2024
Konektivitas DigitalKepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam FMB9 Peluncuran Capaian Kinerja 2023 di Jakarta pada Selasa (24/10/2023). Foto:(Humas Kominfo)

kabasurau.co.id. Menteri Kominfo (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) Peluncuran Capaian Kinerja 2023 mengatakan Konektivitas digital tetap menjadi prioritas utama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), melalui pembangunan infrastruktur teknologi komunikasi dan informatika (TIK), untuk mendukung percepatan program transformasi digital nasional. Jakarta pada Selasa (24/10/2023).

Lebih lanjut, Menkominfo mengatakan, bahwa transformasi digital itu mencangkup empat pilar, yakni insfrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital. dan Masyarakat digital. Sementara itu, Kementerian Kominfo juga fokus pada budaya dan etika digital sebagai konsekuensi yang timbul ketika empat pilar tersebut berjalan melalui literasi digital.

“Terus terang penetrasi internet di Indonesia baru mencapai 78 persen atau masih ada 22 persen warga negara Indonesia yang belum memiliki akses internet,” ucapnya tak hanya itu, kualitas internet, khususnya di daerah dan kawasan terpencil dinilai menjadi pekerjaan rumah besar yang harus ditangani pemerintah.

Budi Arie Setiadi menambahkan “Soal kecepatan internet itu kan pekerjaan rumah besar kalau kita menjadi negara maju maka soal speed internet ini juga konsen kita. Kalau di kota-kota mungkin sudah oke cuman kan di daerah rural utama kabupaten, kita masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita benahi,”

Hal ini di sebebkan, saat ini rata-rata kecepatan internet di Indonesia hanya mencapai 22 megabyte persecond (mbps), yang menempatkan Indonesia nomor sembilan dari 10 di Asia dan peringkat ke 98 di dunia.

“Isu konektivitas digital itu ada tiga hal, kapasitas, coverage, dan kualitas. Jadi yang coverage itu mencakup berapa luasan wilayah yang sudah kita jangkau,” ucap Menteri Budi Arie. Selain itu dengan adanya isu konektivitas ini masih menjadi pekerjaan besar pemerintah untuk mengejar ketertinggalan dari negara Asia lainnya.

Dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) juga Turut hadir Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal. Adapun Menkominfo Budi Arie didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong dan Staf Khusus Menteri Kominfo Sugiarto.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *