Kuliah Gratis, Universitas Islam Madinah Buka Pendaftaran, Berikut Cara Daftarnya

5173
Universitas Islam Madinah
Gerbang Universitas Islam Madinah (Foto: unsplash.com)

Kabasurau.co.id: Universitas Islam Madinah (UIM) di Arab Saudi membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2023. Pendaftaran program beasiswa S1 di Universitas Islam Madinah dibuka dari tanggal 29 September sampai 12 November 2022.

Universitas Islam Madinah merupakan salah satu Universitas di Arab Saudi yang memberikan fasilitas pendidikan gratis bagi mahasiswanya. Dilansir dari Instagram PPMI Arab Saudi, penerima beasiswa ini biasanya akan mengikuti Ma’had Lughoh (Kelas Persiapan Bahasa Arab) sebelum memasuki jenjang S1.

Bahasa pengantar yang digunakan dalam studi di jurusan ilmu agama di Universitas ini adalah bahasa Arab, sementara bahasa pengantar di jurusan ilmu umum adalah bahasa Inggris. Penerimaan pendaftaran mahasiswa hanya dilakukan lewat pendaftaran online di situs pendaftaran khusus yang bisa diakses saat waktu pendaftaran terbuka.

Untuk mendaftar di Universitas ini, calon mahasiswa harus memiliki ijazah SMA/MA sederajat, baik SMA Arab Saudi ataupun di luar Arab Saudi. Kemudian masa tamat pendaftar dari SMA/MA sederajat belum lewat dari 5 tahun.

Selain itu calon mahasiswa juga harus memenuhi syarat berikut:

  • Pendaftar tidak tinggal sebagai ekspatriat di wilayah Kerajaan Arab Saudi.
  • Usia pendaftar minimal 17 tahun dan maksimal 25 tahun.
  • Pendaftar harus berakhlak dan berkelakuan baik.
  • Pendaftar tidak mengalami drop out dari universitas lain akibat pelanggaran kedisiplinan.
  • Pendaftar belum pernah memperoleh beasiswa dari salah satu lembaga pendidikan yang ada di wilayah Kerajaan Arab Saudi.
  • Ijazah serta berkas-berkas pendaftaran lainnya wajib disahkan dan distempel oleh lembaga resmi di negara asal pendaftar.

Setelah memenuhi syarat atau kriteria mendaftar di atas, calon mahasiswa harus menyiapkan scan berkas-berkas untuk diupload saat mendaftar secara online. Berkas yang dibutuhkan diunggah dalam bentuk PDF atau JPG dengan ukuran maksimal 4 MB. Berkas-berkas yang diperlukan sebagai berikut:

  • Scan pas foto 4×6 dengan background berwarna putih.
  • Ijazah SMA/Sederajat (beserta terjemahan).
  • Transkip nilai ijazah (beserta terjemahan).
  • Paspor.
  • Surat keterangan sehat (surat diunggah tidak lebih dari 6 bulan saat diterbitkan) dan terjemahannya.
  • Akta kelahiran dan terjemahannya.
  • Surat Keterangan Kelakukan Baik (SKKB) dan terjemahannya.
  • Surat rekomendasi dari tokoh/lembaga.

Setelah berkas-berkas disiapkan, calon mahasiswa bisa langsung mendaftar di website resmi kampus, silahkan klik tautan berikut: https://minhatee2.iu.edu.sa. Untuk mendapatkan panduan mendaftar berbahasa indonesia, silahkan simak tautan berikut:

Setelah mendaftar, pendaftar harus menyimpan nomor pendaftaran secara baik. Untuk diperhatikan bagi calon mahasiswa, setiap pendaftar langsung dieliminasi apabila informasi tentang identitas dirinya yang diisi dalam formulir pendaftar online tidak disertai lampiran berkas-berkas yang membuktikan kevalidan informasi itu.

Kemudian UIM tidak memiliki kantor cabang atau lembaga perwakilan yang menerima pendaftaran mahasiswa di negara manapun. Setelah diterima, calon mahasiswa dapat menunda masa kedatangannya ke UIM dalam batas waktu maksimal 2 tahun dari masa penerimaannya.

Penulis: Sy

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here