22 Februari 2024
gemar membaca PadangIlustrasi siswa sedang mebaca. Foto: Syaugi

Kabasurau.co.id. Tingkat gemar membaca di antara penduduk Kota Padang semakin mengalami peningkatan signifikan sepanjang tahun 2023. Peningkatan yang luar biasa ini mencatatkan nilai tertinggi di Sumatera Barat dan bahkan menempatkan kota ini di peringkat teratas secara nasional.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Padang, Feri Mulyani Hamid, Kota Padang meraih prestasi gemilang ini berdasarkan data yang dirilis oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). “Tingkat Gemar Membaca (TGM) Kota Padang berhasil meraih peringkat kedelapan di seluruh Indonesia, sebuah lonjakan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya,” ungkapnya dengan bangga pada Kamis kemarin.

Dengan angka TGM mencapai 72,34, Kota Padang menyalip prestasi kota-kota seperti Jambi dan Jakarta Pusat dalam tingkat kegemaran membaca. Bahkan, kota ini secara substansial berada di atas rata-rata nasional yang hanya mencapai 66,77.

Feri Mulyani Hamid menekankan bahwa prestasi Kota Padang tidak hanya mencakup tingkat nasional, tetapi juga menjadi yang tertinggi di Sumatera Barat. “Kota Padang menduduki peringkat pertama dalam TGM di Sumatera Barat, tak tertandingi oleh kabupaten atau kota lain di wilayah Sumbar,” ujarnya.

Peningkatan yang terjadi pada TGM Kota Padang juga memberikan kontribusi signifikan terhadap naiknya TGM Provinsi Sumatera Barat secara keseluruhan di tingkat nasional. Sumatera Barat berhasil melonjak ke peringkat delapan nasional dengan nilai 68,46.

Saat ditanya tentang faktor yang mengantarkan Kota Padang ke prestasi gemar membaca ini, Feri Mulyani Hamid menyebut peran penting pustakawan dan partisipasi masyarakat dalam mengkampanyekan kegemaran membaca. “Kami terus berupaya meningkatkan TGM melalui kegiatan seperti story telling di sekolah-sekolah, kegiatan ‘Car Free Day’, read aloud, bedah buku, dan berbagai inisiatif lainnya,” paparnya.

Kadisperpusip juga berharap bahwa tren positif kegemaran membaca di Kota Padang akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Dia pun mengajak seluruh warga Kota Padang untuk terus mendorong semangat membaca tanpa henti. “Kami berharap tidak ada lagi warga Kota Padang yang enggan atau malas untuk membaca,” tandasnya.

Kesuksesan Kota Padang dalam meningkatkan kegemaran membaca menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia untuk menggalakkan budaya membaca yang lebih luas di tengah masyarakat. Semoga keberhasilan ini dapat terus ditingkatkan dan menginspirasi peningkatan minat baca di seluruh Indonesia.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *