17 Juli 2024
Pariaman Panen RayaMenteri Pertanian Republik Indonesia, Suwandi, bersama dengan Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Suwandi saat panen raya di Pariaman. (Diskominfo)

Kabasurau.co.id. Sebuah pesta panen raya megah diadakan di lahan sawah seluas 120 hektare milik petani warga Desa Palak Aneh, yang terletak di Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman.

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia, Suwandi, bersama dengan Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Suwandi, perwakilan Deputi 1 BAPANAS Rustam, Sekdako Pariaman Yota Balad, perwakilan Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumbar, dan Plt. Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Anilta.

Suwandi, Menteri Pertanian RI, menyatakan bahwa Provinsi Sumatera Barat secara keseluruhan diperkirakan akan mencatat peningkatan hasil panen dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang akan memberikan kontribusi positif pada hasil beras nasional. Sinergi antara Pemerintah Kota Pariaman dan Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan telah memberikan dampak besar pada pertumbuhan dan hasil panen petani di wilayah ini.

Suwandi juga berbicara mengenai kendala dalam hal irigasi air dan berkomitmen untuk mengambil langkah cepat guna menjaga stabilitas hasil panen padi sawah. Hal ini diharapkan akan memberikan solusi baru dengan menyediakan air untuk irigasi sawah, yang akan meningkatkan produksi pangan khususnya padi di Kota Pariaman.

Sementara itu, Yota Balad, Sekdako Pariaman, mengucapkan terima kasih atas kunjungan rombongan dari Kementerian Pertanian RI ke Kota Pariaman. Ia menganggap kunjungan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah pusat terhadap peningkatan hasil panen petani di wilayah Kota Pariaman.

Yota menjelaskan, “Peningkatan hasil panen petani di Kota Pariaman ini akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat, menciptakan kesejahteraan yang lebih besar. Sektor pertanian adalah salah satu prioritas Pemerintah Kota Pariaman, dengan 40% dari total lahan pertanian 1.785 hektare yang produktif di wilayah ini.”

Dengan dilaksanakannya panen raya ini, Yota menekankan bahwa kesejahteraan masyarakat akan semakin terjamin dan pasokan pangan di Kota Pariaman akan meningkat. Ini didukung oleh hasil produksi padi sebanyak 26.092 ton pada tahun 2022.

Yota berharap agar kendala-kendala terkait irigasi air sawah segera dapat diatasi untuk memastikan kelancaran produksi pertanian. Dia berharap kunjungan Menteri Pertanian membawa berkah baru bagi Kota Pariaman dan memberikan dampak positif pada peningkatan hasil pertanian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *