14 Juli 2024
Pelatihan Dai Pedalaman di SiberutPara peserta pelatihan terlihat antusias saat mengikuti pelatihan.

Kabasurau.co.id: Pelatihan Dai Pedalaman di Siberut, Islamic Center Syaikh Sholeh Ar Rajihi Kabupaten Kepulauan Mentawai telah dimulai, Sabtu (11/12/2021). Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya kegiatan pembukaan pada malam harinya.

Pembukaan kegiatan dihadiri Ketua Yayasan Pendidikan dan Dakwah Syaikh Sholeh Ar Rajihi, Buya Muhammad Elvi Syam, Lc. MA., kemudian turut mendampingi Pimpinan Islamic Center Syaikh Sholeh Ar Rajihi, Ustadz Irwan Abdurrahman, Lc.

Kemudian selain itu turut hadir 3 orang doktor lulusan Universitas Islam Madinah, yang nantinya akan memberikan materi selama pelatihan, yakni Buya DR. Alimusri Semjan Putra, Ustadz DR. Dasman Yahya Ma’ali., Ustadz DR. Hidayatullah Ismail. Kemudian turut hadir Ustadz Hafzan El Hadi, Lc. M.kom., selaku pimpinan Pondok TI Dar el-Ilmi.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Yayasan Pendidikan dan Dakwah Mentawai, Buya Muhammad Elvi Syam.

“Dengan memohon taufik dari Allah, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim acara dibuka,” ungkapnya.

Dalam sambutannya Buya Muhammad Elvi Syam mengungkapkan bahwa pemateri kali ini berasal dari para Doktor yang mengajar di Pascasarjana. Selain pelatihan, nantinya juga ada kegiatan dakwah sosial ke pedalaman di Siberut. Kemudian peresmian Masjid Agung Dar el-Iman,

Selanjutnya Buya Alimusri Semjan Putra mewakili pemateri mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Terimakasih untuk semua pemateri, panitia dan semua pihak yang telah mengangkat kegiatan ini.

“Motivasi kami datang kesini berawal dari cerita para asatiz yang telah datang kesini, mendengar perjuangan untuk berdakwah disini, menjadikan kami malu,” ungkapnya.

Kemudian Ustadz Irwan memgungkapkan syukur atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia mengungkapkan semua peserta yang hadir saat ini semua berasal dari pulau Siberut.

“Kita semua berdoa dan berharap semua bisa menimba ilmu dan menambah ilmu dari para asatiz kita yang telah datang dari jauh,” ungkapnya.

Sebanyak 35 orang Dai mengukuti kegiatan pelatihan ini. Berasal dari berbagai daerah di Siberut, Kabupaten Keplauan Mentawai. Ada yang dari Sikabaluan 4 orang, Siberut utara, Siberut barat daya, Siberut tengah dan Siberut selatan.

“Paling jauh ada dari Siberut utara yang memakan biaya hampir 4 juta untuk perjalanan ke Islamic Center,” terangnya.

Dalam sesi pertama pelatihan di hari pertama, Ustadz DR. Hidayatullah Ismail memberikan tausyiah kepada para Dai dengan tema Akidah. sebelumnya Ustadz Hidayatullah memberikan motivasi kepada para Dai untuk terus bersemangat dalam menuntut ilmu.

Kemudia di sesi kedua, setelah sholat maghrib, Ustadz DR. Yahya Ma’ali menyampaikan tausyiah dengan tema Berbagi bahagia. Dan terakhir pada hari ini ditutup dengan penyampaian tausyiah oleh Buya Alimusri dengan tema menyikapi perbedaan.

Para Dai dari berbagai daerah tersebut di fasilitasi menginap dan konsumsi selama pelatihan 2 hari kedepan. Selain itu juga disediakan alat tulis dan snack saat pelatihan.

Reporter: Sy

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *