19 Mei 2024
Kemajuan DigitalFoto: Ist

Jakarta, 21 Agustus 2023 – Pemerintah Republik Indonesia mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan kemajuan digital guna meningkatkan produktivitas, sambil menjaga integritas ruang digital dari ancaman kejahatan keuangan berbasis teknologi. 

Dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 yang berlangsung di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Menteri Budi Arie Setiadi menekankan pentingnya pemanfaatan digital dengan penuh tanggung jawab.

“Dalam era kemajuan digital, kita harus memastikan bahwa kita tidak hanya menghindari dampak kontraproduktif, tetapi juga menjadikan inovasi ini sebagai pendorong produktivitas yang berkelanjutan,” kata Menteri Budi Arie.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika menyoroti arti sebenarnya dari produktivitas dalam konteks digital. Baginya, ruang digital harus mampu mempercepat proses berpikir dan bertindak individu, sehingga kemajuan teknologi dapat berkontribusi pada perkembangan masyarakat secara menyeluruh.

“Kemajuan digital yang kita capai saat ini akan menjadi tiang penopang bagi visi Indonesia Maju 2045, asalkan kita mampu menjaga dan mengoptimalkan potensi yang ada,” tambahnya.

Menteri Budi Arie juga menyoroti perlunya kerjasama dalam menjaga ekosistem digital dari ancaman kejahatan keuangan berbasis teknologi yang semakin merajalela. 

“Kejahatan keuangan yang menargetkan konsumen dan masyarakat dapat mengancam fondasi ekosistem digital yang telah kita bangun. Oleh karena itu, masyarakat memiliki peran penting dalam melindungi lingkungan digital ini untuk kebaikan bersama,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Menteri Komunikasi dan Informatika mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap berbagai bentuk modus kejahatan digital yang terus berkembang. Ia juga mengimbau agar masyarakat saling berbagi informasi dan berhati-hati, terutama kelompok rentan seperti guru, ibu rumah tangga, dan generasi muda, agar tidak terjebak oleh tawaran-tawaran ilegal yang menjanjikan keuntungan mudah.

“Kita harus bersama-sama berperan dalam memerangi kejahatan ini, dengan saling memberi peringatan dan mendukung lingkungan yang aman dari ancaman keuangan berbasis digital,” tegas Menteri Budi Arie.

Dengan komitmen bersama antara pemerintah dan masyarakat, Indonesia siap menghadapi tantangan di era digital demi mencapai tujuan pembangunan nasional yang lebih baik.

Sumber: Humas Kominfo | Redaktur: Syaugi

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *