24 Februari 2024
Pemkab PesselWakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah.

Kabasurau.co.id: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel) melibatkan masyarakat dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten tersebut. Hal ini disampaiakan oleh Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah, Rabu (7/12/2022).

“Ya, dalam upaya pengembangan potensi pariwisata ini, masyarakat didorong untuk berperan. Sekaligus mengambil manfaat ekonomi bagi peningkatan kesejahteraan dari sektor pariwisata tersebut,” ungkap Rudi, mengutip dari situs resmi Pemkab Pessel.

Selain itu kata Wabup, perlu peningkatan dan pengembangan gerakan sadar wisata pada setiap objek wisata. Selanjutnya, sumber daya manusia (SDM) yang profesional di bidang kepariwisataan  menjadi perhatian serius pemerintah daerah.

“Oleh karena itu pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan dari seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata. Masyarakat adalah salah satu unsur penting yang harus terlibat bersama sama dengan pemerintah dan kalangan swasta untuk bersinergi melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan,” ujarnya

Ia menambahkan, dalam pengembangan suatu daerah menjadi objek wisata, perlu langkah tepat agar tidak memberikan dampak yang negatif bagi lingkungan sosial masyarakat dan daerah wisata itu sendiri.

Di mana sebelum mengembangkan pariwisata di suatu daerah perlu analisis situasional oleh para pelaku bisnis pariwisata, masyarakat dan pemerintah untuk menggali potensi wisata yang ada di suatu daerah.

“Semoga pariwisata berkelanjutan di Kabupaten Pesisir Selatan akan menjadi solusi alternatif membangkitkan perekonomian akibat pandemi,” tutupnya.

Sumber: Diskominfo Pessel | Redaktur: Sy

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *