27 Mei 2024
Rancangan gedung Ponpes Al khair yang sedang dalam pembangunan. (Foto : Humas)

OKU TIMUR (KabaSurau): Pondok Pesantren (Ponpes) yang terletak di Kabupaten Ogan komering ulu timur, tepatnya di kecamatan Belitang, yakni Ponpes Al khair masih dalam tahap persiapan sebelum dimulainya tahun ajaran pertama yakni pada bulan Juli mendatang. Selama masa persiapan ini, Mudir Ponpes yakni Ustadz Firman menyebutkan, telah banyak mendapat kiriman kitab dari Masyaikh Arab saudi dan luar Saudi untuk referensi bacaan bagi santri nanntinya.

Kitab Kiriman Masyaikh dari Timur tengah.

Ustadz Firman mengungkapkan, hal ini merupakan bentuk kepedulian dan dukungan atas terbangunnya Ponpes Al Khair, dengan dukungan penambahan koleksi kitab untuk perpustakaan, santri akan memiliki banyak referensi dalam belajar. Karena perpustakaan dikataan Ustadz Firman merupakan rukun besar bagi penuntut ilmu agar bisa maju dan sukses.

“Muhsinin yang mengirimkan dan telah sampai pada kita, ada dari Saudi, Mesir dan bahkan ada yang menjanjikan dari Lebanon,” jelasnya.

Kitab yang dikirimkan terdiri dari berbagai macam disiplin ilmu dan dari berbagai penulis, tentunya dalam bahasa Arab. Salah satu contohnya kitab siroh nabawiyah atau kitab yang mempelajari kisah perjalanan Nabi.

Kemudian diceritakan Ustadz Firman, beberapa bulan yang lalu salah seorang Syaikh dari Qasim, dimana tempat tinggalnya Syaikh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin, akan memberikan semua kitab yang dituliskan oleh Syaikh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin. Jika semuanya ditotalkan dalam mata uang Rupiah sekitar Rp 25 Juta.

Kitab Kiriman Masyaikh dari Timur tengah.

Selain negara di Timur tengah, diungkapkan Ustadz Firman bahwa dari indonesia juga ada yang memberikan kitab, seperti Tafsir At tobari, tafsir Al Qurtubi, tafsir Ibnu Katsir dan lain sebagainya.

“Sebetulnya saya bisa saja menyebutkan siapa saja nama-nama yang memberikan tetapi untuk menjaga keikhalasan mereka, kita khawatir ketika disebutkan khawatir mereka tidak bekenan,” ungkap Ustadz Firman saat ditanya siapa saja muhsinin tersebut.

Pihak ponpes mengucapkan terimakasih kepada seluruh muhsinin yang telah mengirimkan kitab untuk menunjang pembelajaran santri, baik kitab yang ditujukan untuk perpustakaan maupun untuk dibagikan kepada santri. Semoga kitab-kitab yang dikirimkan menjadi amal jariyah nantinya.

Kitab yang telah sampai dan diterima pihak Ponpes kiriman Masyaikh dari Timur tengah.

Dengan kiriman kitab dari berbagai Negara di timur tengah ini, Ustadz Firman mengungkapkan kebutuhan kitab untuk perpustakaan telah sampai memenuhi satu ruangan. Namun, karena banyaknya jumlah kitab-kitab karangan ulama dibandingkan dengan yang telah dimiliki sekarang, maka hal ini belum mencukupi. Hingga saat ini Ponpes masih membuka kesempatan bagi kaum muslimin untuk berkontribusi dalam pembangunan dan melengkapi fasilitas ponpes. Untuk informasi dapat menghubungi 0878 3487 2676 atas nama Ustadz Firman. (SY)

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *