17 Juli 2024
Bandara Mentawai

Kabasurau.co.id. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), meresmikan Bandara Udara Mentawai pada Rabu (25/10/2023), membawa kabar baik untuk mobilitas dan pariwisata di wilayah tersebut. Bandara yang berlokasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai ini diharapkan akan menjadi pendorong utama perkembangan pariwisata.

Dalam pidato resminya, Presiden Jokowi menyambut peresmian bandara ini dengan harapan besar. “Saya harap dengan beroperasinya bandara ini mobilitas masyarakat akan makin mudah, potensi wisata di Kepulauan ini juga bisa dikembangkan lebih baik lagi,” ujar Presiden.

Lebih jauh, Presiden Jokowi mengungkapkan harapannya terhadap perkembangan pariwisata selancar atau surfing di daerah ini. Dengan adanya Bandara ini, pesawat jenis ATR dapat mendarat, membuka peluang bagi peningkatan jumlah turis. “Kita harapkan wisata surfing akan makin berkembang, dan juga mungkin pesawat-pesawat dari luar negeri yang berkaitan dengan surfing nanti juga bisa langsung mendarat, baik di Padang maupun di Pulau Mentawai,” jelasnya.

Bandara Mentawai sendiri merupakan bandara terluar di Indonesia dan akan menggantikan Bandara Rokot Sipora yang hanya mampu didarati pesawat berkapasitas kecil. Dengan landasan pacu baru sepanjang 1.500 meter dan lebar 30 meter, pesawat ATR sudah bisa mendarat dengan aman di Pulau Mentawai.

Presiden juga meyakini bahwa hadirnya Bandara ini akan membuka akses baru dan memberikan dampak positif ganda bagi masyarakat setempat. “Saya yakin dengan makin terbukanya akses suatu daerah, konektivitas yang makin baik, masyarakat akan mendapatkan multiplier effect yang besar dan kesempatan untuk mengembangkan usaha-usaha barunya, dan ini yang kita harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan kita semuanya,” tandasnya.

Peresmian Bandara Mentawai ini turut dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah, dan Pj. Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak. Dengan adanya bandara ini, Kepulauan Mentawai siap menyambut gelombang pariwisata baru dan peluang ekonomi yang lebih baik.

Sumber: Citizen.web.id

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *