18 April 2024
Puskesmas di Padang PanjangSumber: Diskominfo Padang Panjang.

Kabasurau.co.id. Puskesmas Kebun Sikolos, Padang Panjang, memiliki layanan Dokter Ummat, selain memberikan pelayanan langsung di puskesmas, juga memberikan Pelayanan Dokter datang ke rumah ,dengan mengunjungi pasien sesuai kondisi penyakitnya. Selain itu pelayanan yang sangat cepat dan tanggap.

“Jam layanannya sama dengan Puskesmas. Pagi kami di Poskeskel atau di Pustu, siangnya kami melakukan kunjungan ke rumah pasien yang tidak bisa datang,” ucap Dokter Desfa Rahmi selaku Petugas Kesehatan Poskeskel Kebun Sikolas, Padang Panjang dalam rilis resmi, dikutip Rabu (13/09/2023).

Dia menjelaskan, prosedur pelayanan Dokter Ummat , pasien melapor ke Puskesmas atau ada laporan dari kader serta kolaborasi dengan bidan Poskeskel. Lanjut Dokter Desfa “Rata-rata kita menangani sekitar 15 hingga 30 pasien setiap bulannya.”

Layanan ini merupakan salah satu program prioritas Puskesmas di Padang Panjang, dari Wako Fadly dan Wawako Asrul Sejak diluncurkan pada 2019 lalu. Sehingga terlihan eksistensinya dalam pelayanan kesehatan tingkat pertama kepada warga kota.

Seperti yang dirasakan oleh salah seorang warga RT 14 Kelurahan Kampung Manggis, Desfita.Dia mendapatkan layanan Dokter Ummat, di mana dua orang petugas Kesehatan datang kerumah nya.

“Kami bersyukur sekali ada pelayanan ini. Dulu bapak harus susah payah untuk dibawa ke rumah sakit. Sejak mengetahui ada pelayanan ini, kami sangat terbantu dalam pengobatan orang tua yang mengalami penyakit stroke dan saat ini mengalami kenaikan trombosit. Hingga saat ini, layanan kunjungan ke rumah ini sudah puluhan kali kami dapatkan,” terang Desfita.

Program Dokter Ummat Ini Bertujuan untuk menjamin pemenuhan hak dasar masyarakat dalam pelayanan Kesehatan, mendekatkan dan mempercepat pelayanan serta meningkatkan peran dan dukungan terhadap keberhasilan pembangunan kesehatan di Kota Padang Panjang.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *