24 April 2024
Riyadh

Kabasurau.co.id. Riyadh telah menempati posisi ke-30 di antara 141 kota dalam peringkat Kota Cerdas global yang baru-baru ini dirilis. Peringkat tersebut mengukur bagaimana teknologi dapat memperbaiki kualitas hidup penduduk di kota. 

Riyadh berhasil mengalahkan ibu kota Prancis, Jerman, dan Spanyol. Selain itu, Makkah, Jeddah, dan Madinah masuk dalam daftar untuk pertama kalinya.

Makkah berada di posisi ke-52, sementara Jeddah dan Madinah masing-masing berada di posisi ke-56 dan ke-85. Abu Dhabi dan Dubai memimpin daftar kota-kota Arab, masing-masing berada di posisi ke-13 dan ke-17.

Menurut Saudi Press Agency, peningkatan peringkat kota-kota Saudi dalam indeks Kota Cerdas merupakan hasil dari upaya kolaboratif dari semua lembaga terkait, termasuk Platform Kota Cerdas Nasional yang diluncurkan oleh Otoritas Data dan Kecerdasan Buatan Saudi.

Peringkat pada tahun 2023 ini menunjukkan minat yang meningkat dan tingkat kepedulian yang lebih tinggi tentang kualitas hidup penduduk di kota masing-masing. 

Namun, laporan tersebut mencatat bahwa keberhasilan kota dalam indeks tidak hanya bergantung pada ukuran kota, sehingga banyak kota besar seperti Boston dan Paris menempati peringkat yang relatif rendah dalam indeks. 

Peringkat kota teratas ditempati oleh Zurich di Swiss, Olso di Norwegia, dan Canberra di Australia.

Peningkatan peringkat kota-kota Saudi dalam indeks Kota Cerdas adalah hasil dari upaya kolaboratif dari semua lembaga terkait, termasuk Platform Kota Cerdas Nasional, yang diluncurkan oleh Otoritas Data dan Kecerdasan Buatan Saudi, tambah SPA.

Sumber: Arab News | Redaktur: Sy

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *