15 Juli 2024
Santri Dar el-ImanPenampilan salah satu santri Pondok Pesantren Dar el-Iman yang turut menyabet gelar juara pada perhelatan MTQ Nasional tingkat Sumbar.

Kabasurau.co.id. Pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat ke-40 yang digelar di Gor Rimbo Tangah Aro Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Santri Pondok Pesantren Dar el-Iman memperoleh penghargaan yang luar biasa. Dalam kompetisi yang berlangsung dari tanggal 12 hingga 18 Desember 2023, dua santri dari pesantren tersebut berhasil meraih gelar juara untuk kabupaten yang mereka wakili.

M. Zhariif Aufa Jiddan, mewakili Kafilah Solok, kelas 5, berhasil meraih Juara Harapan 2 dalam kategori Hifdzil Quran 20 juz. Sementara itu, Urwatul Dinilhaq, juga santri Pondok Pesantren Dar el-Iman kelas 5, mewakili Kafilah Padang Pariaman, meraih Juara Harapan 3 dalam kategori Hifdzil Quran 10 juz. Keberhasilan keduanya menjadi kebanggaan tersendiri bagi pesantren yang mereka wakili.

Peserta dari seluruh perwakilan kabupaten turut ambil bagian dalam kompetisi ini, dengan jumlah total peserta sebanyak 1149 dari berbagai cabang lomba. Pembukaan acara dihadiri oleh Gubernur Mahyeldi bersama seluruh panitia lomba terkait.

Puncak acara ditandai dengan penutupan resmi oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy, pada Minggu, 17 Desember 2023. Kabupaten Lima Puluh Kota berhasil meraih Juara Umum dengan total nilai 83, sedangkan tuan rumah, Kabupaten Solok Selatan, menduduki peringkat empat dengan total nilai 50.

“Pemprov Sumbar mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh unsur pemerintahan serta masyarakat Kabupaten Solok Selatan, yang telah sukses menggelar MTQ tingkat provinsi ke-40 ini. Qori dan qoriah yang menjadi juara pada ajang ini berpeluang besar mewakili Sumbar pada ajang MTQN XXX di Kalimatan Timur tahun 2024 mendatang,” ujar Wagub Audy.

Beliau juga mengucapkan selamat kepada kabupaten dan kota lain yang berhasil memperbaiki peringkat pada MTQ kali ini. Kabupaten Lima Puluh Kota menjadi Juara Umum, diikuti oleh Kota Padang dan Kabupaten Agam di peringkat kedua dan ketiga.

Terjadi lonjakan prestasi yang pesat oleh beberapa daerah, termasuk Kabupaten Lima Puluh Kota yang sebelumnya tidak masuk lima besar, namun kali ini berhasil keluar sebagai juara umum. Prestasi ini mendapat apresiasi khusus dari Wagub Audy.

Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumbar akan melakukan seleksi dan persiapan lebih serius menyongsong gelaran MTQ Nasional di Kaltim pada tahun depan. Mereka juga akan menyeleksi kembali para qori dan qoriah yang meraih prestasi pada ajang MTQN tingkat provinsi tahun ini.

Terkait pelaksanaan MTQN tingkat provinsi ke-41 tahun 2025, sejumlah kabupaten/kota telah mengajukan diri menjadi tuan rumah. Keputusan ini akan segera diputuskan setelah rapat untuk menentukan tuan rumah berikutnya, mengingat antusiasme yang tinggi setelah kesuksesan Solok Selatan dalam penyelenggaraan MTQ tahun ini.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *