4 Maret 2024
Screening Kesehatan GratisIlustrasi Screening Kesehatan.

Kabasurau.co.id. Dalam usaha untuk meningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Padang mengajak warga agar lebih memperhatikan kesehatan mereka dengan rutin melakukan screening. Dr. Srikunia Yati, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, mengungkapkan pentingnya menjalani pemeriksaan kesehatan setidaknya sekali setahun.

“Untuk memahami kondisi kesehatan kita, screening sangatlah penting. Sayangnya, saat ini banyak masyarakat kurang peduli dan tidak teredukasi tentang hal ini,” ungkapnya pada Kamis (26/10/2023).

Dr. Srikunia Yati juga menyoroti bahwa Pemerintah Kota Padang telah memfasilitasi layanan screening kesehatan secara gratis bagi warga, terutama mereka yang berusia 15 hingga 59 tahun, yang disebut sebagai usia produktif.

“Kesehatan jiwa dan fisik dapat diperiksa di berbagai fasilitas kesehatan yang kami miliki, seperti posyandu, pustu, puskesmas, dan puskeskel,” tambahnya.

Screening kesehatan gratis ini mencakup pemeriksaan tinggi badan, berat badan, kolesterol, tekanan darah, dan gula darah, yang tersedia di berbagai puskesmas di seluruh wilayah Kota Padang.

Hingga September 2023, tingkat partisipasi screening kesehatan di Kota Padang masih sekitar 32 persen, sebagian besar disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya melakukan screening kesehatan.

“Padahal, dengan screening kesehatan, kita bisa mengambil tindakan pencegahan lebih awal terhadap penyakit yang dapat terdeteksi. Semakin cepat kita mengetahui masalah kesehatan, semakin cepat tindakan penanganannya,” tambahnya.

Dalam upaya untuk memudahkan masyarakat dalam menjalani screening, Dinas Kesehatan Kota Padang telah mengembangkan aplikasi “Retas Diri,” yang dapat diakses dengan menggunakan barcode.

“Nantinya, masyarakat dapat mengisi data mereka sendiri dan melaporkan keluhan-keluhan yang mereka alami melalui aplikasi ini,” jelasnya.

Dengan upaya ini, Dinas Kesehatan Kota Padang berharap dapat meningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat dan memberikan akses yang lebih mudah ke layanan screening kesehatan yang penting.

Sumber: Citizen.web.id

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *