23 Februari 2024
SMPIT Dar el-ImanGedung SMPIT Dar el-Iman Putri. (Syaugi)

Kabasurau.co.id. SMPIT Dar el-Iman telah menetapkan standar baru dalam dunia pendidikan Islam dengan mengintegrasikan pendidikan bermutu tinggi dengan nilai-nilai Islam yang kuat. Dalam upaya ini, sekolah ini telah menawarkan beberapa program unggulan yang luar biasa, termasuk tahsin dan tahfiz al-Quran, mutabaah yaumiyyah, dan pembelajaran bahasa asing, terutama bahasa Arab.

Dalam sebuah acara visitasi akreditasi yang diadakan pada Jumat, 6 Oktober 2023, Ilham, Kepala Sekolah SMPIT Dar el-Iman, menjelaskan komitmen sekolah ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Program tahsin dan tahfiz al-Quran di sekolah ini telah menjadi daya tarik utama. Ini bukan hanya untuk siswa, tetapi juga untuk seluruh staf, termasuk petugas dapur, petugas ob, petugas kebersihan, dan satpam.

“Alhamdulillah, mereka semua dengan semangat tinggi mengikuti program ini, baik dalam membaca dan memperbaiki bacaan Al-Quran maupun dalam menghafalnya. Mereka mendapatkan bimbingan langsung dari ustadz yang memiliki sanad, yang membuat standar bacaan Al-Quran di SMPIT Dar el-Iman menjadi sangat terpercaya,” ungkap Ilham.

Program kedua yang mencolok adalah Mutabaah Yaumiyyah, yang merupakan inisiatif untuk membiasakan siswa dalam menjalankan ibadah harian mereka. Mulai dari tingkat TK hingga SMA, anak-anak terus diawasi dan dibimbing untuk menjaga amalan-amalan sholeh mereka, terutama dalam masalah sholat lima waktu.

Ilham menjelaskan pentingnya pembiasaan ini dengan mengatakan, “Bagaimana seseorang bisa masuk surga tanpa memiliki kunci untuk membukanya? Salah satu kunci utama masuk surga adalah amalan sholeh. Dengan membiasakan anak-anak dalam beribadah, kami membantu mereka mencapai tujuan hidup mereka untuk mencapai surga.”

Program ketiga yang tidak kalah penting adalah pembelajaran bahasa asing, dengan fokus utama pada bahasa Arab. SMPIT Dar el-Iman telah bekerja sama dengan Darullugah dari Aceh untuk menciptakan program singkat selama 20 hari yang intensif. Hasilnya, guru-guru di sekolah ini mampu berbahasa Arab dengan lancar.

“Kami percaya bahwa bahasa adalah kunci untuk memahami budaya dan ajaran agama. Program bahasa asing kami, termasuk Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, memungkinkan guru-guru kami untuk memberikan pendidikan yang lebih baik kepada siswa kami,” kata Ilham.

Selain itu, sekolah ini juga menekankan pentingnya mengembangkan keterampilan 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Creativity) yang telah menjadi fokus utama dalam pendidikan modern. Dengan semua upaya ini, SMPIT Dar el-Iman terus mengukir reputasi sebagai lembaga pendidikan Islam unggulan yang siap menghadapi tantangan masa depan.

Reporter: Robby | Redaktur: Syaugi

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *