19 Mei 2024
Longsor di SawahluntoKapolres Sawahlunto, AKBP Purwanto Hari Subekti di lokasi longsor Kota Sawahlunto, Selasa (6/2/2024). Foto: Humas Polres

Kabasurau.co.id. Kapolres Sawahlunto, AKBP Purwanto Hari Subekti, bersama sejumlah pejabat utama Polres, turut mendatangi lokasi bencana alam tanah longsor di Jalan Binjai, Dusun Tengsaw, Desa Silungkang Duo, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto pada hari Selasa ini.

Turut hadir dalam pemantauan langsung tersebut Camat Silungkang Andi Eka Putra, Kepala Desa Silungkang Duo Wandi, Bhabinsa Desa Silungkang Duo, Anggota BPBD Kota Sawahlunto, dan sejumlah masyarakat setempat.

Menurut Kapolres Sawahlunto, kejadian tanah longsor terjadi sekitar pukul 07.30 WIB pagi ini. “Pergerakan tanah dari atas perbukitan menyebabkan tebing longsor, membawa material tanah dan batu ke arah jalan,” ujarnya.

Berkat laporan dari Kapolsek Muaro Kalaban, Kapolres Sawahlunto segera merespons cepat (Quick Response) dengan mendatangi lokasi kejadian bersama beberapa perwira dan brigadir Polres menggunakan sepeda motor. “Kami langsung mendatangi lokasi saat mendapat laporan bahwa arus lalu lintas lumpuh total dan tidak dapat dilalui oleh pejalan kaki, kendaraan roda dua maupun roda empat,” tambahnya.

Purwanto menegaskan bahwa tindakan cepat ini merupakan bagian dari peningkatan pelayanan publik Polri, khususnya Polres Sawahlunto, kepada masyarakat. “Quick Response merupakan respons cepat dan tanggap terhadap setiap permasalahan yang terjadi dalam masyarakat,” katanya.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun akses jalan dari Desa Talang Tuluih menuju Desa Silungkang Duo dan Desa Silungkang Tigo, serta menuju Desa Kubang terputus. Kapolres Sawahlunto bersama pihak terkait seperti BPBD, Dinas PU, Pemerintahan Kecamatan, dan Pemerintah Desa Silungkang Duo berkoordinasi untuk mendatangkan alat berat guna mempercepat pemulihan akses jalan.

Kapolres Sawahlunto juga menghimbau masyarakat yang akan melalui akses jalan dusun Tengsaw ini dari Silungkang menuju Desa Kubang untuk menggunakan alternatif jalan lain melalui simpang Kubang sampai akses jalan normal kembali.

Dengan koordinasi yang baik antara pihak terkait dan respon cepat dari Polres Sawahlunto, diharapkan pemulihan akses jalan dapat dilakukan dengan efisien demi kembali normalnya aktivitas masyarakat setempat.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *