15 Juni 2024
Kegiatan pelatihan terlaksana di Aula lantai 4 Islamic center Dar El-Iman, Kamis (4/3/2021). (Foto : Humas)

PADANG (KabaSurau) : Sekolah menengah atas Dareliman islamic boarding school (SMA DIBS) Sumatera barat (Sumbar), melaksanakan kegiatan pelatihan soal HOTS. Kegiatan ini adalah pelatihan pembuatan soal-soal baik untuk latihan maupun ujian yang jawabannya perlu penalaran yang tinggi sehingga tidak bisa dijawab secara langsung. Kegiatan terlaksana di Aula lantai 4 Islamic center Dar El-Iman, Kamis (4/3/2021).

Kegiatan yang diselenggarkan SMA DIBS Sumbar ini dihadiri oleh guru-guru mata pelajaran, dimana jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sekitar 15 orang terdiri dari pimpinan dan guru mata pelajaran. Pemateri kegiatan ini adalah pengawas sekolah dari dinas pendidikan provinsi Sumbar, yaitu ibu Animar.

Antusias peserta dalam melaksanakan pelatihan terlihat, selain materi para guru juga angsung mempraktekkan pembuatan soal-soal khususnya soal PTS dan PAS mengingat dekatnya waktu ujian siswa.

Sebelumnya, kegiatan serupa telah dilaksanakan akhir tahun 2020 lalu. Dijelaskan Wakil kepala bidang humas, Hamdi mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari pelatihan-pelatihan bagian dari kurikulum suatu sekolah, dan akhir tahun 2020 telah didahului dengan pelatihan penyusunan perangkat Pembelajaran.

“Perihal yg dibahas dalam kegiatan ini adalah apa itu soal HOTS, apa saja kriteria soal yang merupakan soal HOTS, dan kaidah-kaidah penting dalam pembuatan soal. Serta guru-guru langsung mempraktekkan pembuatan soal-soal khususnya soal PTS dan PAS mengingat dekatnya waktu ujian siswa,” ungkap Hamdi saat diwawancara melalui pesan Whatsapp, Selala (9/3/2021).

Dengan kgiatan ini diharapkan guru-guru khususnya guru mata pelajaran yang membuat soal-soal untuk latihan maupun ujian, agar tahu kaidah-kaidah penulisan soal khusus nya soal HOTS, dan dapat mengaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran. (SY)

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *