15 Juni 2024
TKIT Dar el-Iman Market DaySiswa TKIT 2 sedang membeli dagangan temannya.

Kabasurau.co.id. TKIT Dar el-Iman 2 menggelar kegiatan Market Day, di lapangan Kantor Yayasan Dar el-Iman, Rabu (8/3/2023). Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh TKIT Dar el-Iman 2. Pada tahun ajaran 2022/2023, pihak sekolah mengangkat tema untuk kegiatan ini Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini dengan Meneladani Perniagaan Rasulullah ﷺ .

Diungkapkan Kepala TKIT 2, Ustadzah Ummu Ibrahim, pihak sekolah bersama orang tua ingin mengenalkan dan memberi ruang untuk mengembangkan kemampuan entrepeneur anak-anak sejak dini. Sehingga diharapkan mereka bisa terus berkembang dengan meneladani cara Rasulullah ﷺ  berdagang.

“Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah wirausahawan yang sukses dan seorang entrepeneur sejati. Keteladanan beliau dalam berdagang menjadi contoh para sahabat dalam berwirausaha. Rasulullah juga senantiasa mengedepankan sikap jujur, ikhlas, dan profesional. Ia tidak pernah membohongi pelanggannya dan ikhlas menjalankan usahanya,” terangnya.

Salah satu contoh aplikasi pendidikan terintegrasi kewirausahaan yang diterapkan TKIT Dar el-Iman 2 adalah kegiatan Market Day dengan melibatkan semua siswa dalam proses produksi, distribusi, dan konsumsi. Kegiatan produksi adalah dengan memberikan tanggung jawab kepada siswa untuk membuat produk yang memiliki nilai jual dan bermanfaat bagi seluruh civitas academica sekolah. Kemudian siswa diminta untuk menjual produknya (distribusi), sedangkan siswa yang lainnya termasuk para guru bertanggung jawab sebagai konsumen (pembeli). 

Kegiatan berjalan lancar, antusias dari murid TKIT Dar el-iman 2 sebagai penjual dalam kegiatan ini sangat bersemangat. Begitu juga karyawan, orang tua, murid SMP dan SMA, mereka merasa senang, sebab murid TKIT 2 menjajakan berbagai macam makanan yang lezat. Mereka  berjualan sesuai dengan stand makanan yang dijualnya, ada stand kue basah, stand gorengan, stand puding, stand minuman dan stand buah-buahan.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi bibit yang akan menumbuhkan jiwa kewirausahaan anak-anak kelak ketika mereka dewasa,” tutup Ummu Ibrahim.

Pengirim Berita: Ummu Ibrahim | Editor: Syaugi

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *