27 Februari 2024
Ponpes Dar el-Iman Ujian Tahfidz

Kabasurau.co.id. Pondok Pesantren (Ponpes) Dar el-Iman melaksanakan ujian kelulusan tahfidz pada tanggal 31 Maret hingga 6 April 2023. Ujian ini diikuti oleh 18 santri kelas 6 (angkatan 3) pondok setingkat 3 SMA yang diuji oleh 6 orang guru penguji atau guru halaqah di Masjid Al-Fath Pondok Pesantren Dar el-Iman, Lori, Lubuk Minturun, Kota Padang.

Kegiatan ujian ini merupakan syarat kelulusan bagi santri kelas 6 pondok. Sebanyak 18 santri dibagi menjadi 6 halaqah atau kelompok dan diuji secara tasmi’ perorang. Dari 18 santri tersebut, 4 orang berhasil mencapai hafalan 30 juz Al-Qur’an, yaitu Ahmad Zakky, Habib Maulana Akbarina, Najwan Muhibullah, dan Nawadir Salam. Sedangkan santri lainnya memiliki hafalan rata-rata 20 juz ke atas.

Ustadz Muhammad Al-Amin, koordinator tahfidz Ponpes Dar el-Iman menyampaikan harapannya dalam ujian tahfidz ini, agar kegiatan kompre akhir ini dapat membuat santri semakin termotivasi untuk memutqinkan hafalan mereka. “Saya sebagai koordinator Tahfidz berharap dengan diselenggarakannya kegiatan kompre akhir untuk anak kelas 6/12 ini, agar membuat mereka semakin termotivasi lagi untuk memutqinkan hafalan mereka dan, dan akan menimbulkan juga rasa ghirah/hamasah bagi adik-adik kelas mereka.” 

Salah satu santri bernama Najwan Muhibullah juga mengungkapkan rasa syukurnya atas selesainya menyetorkan hafalan 30 juz Al-Qur’an. “Saya sangat senang telah menyelesaikan setoran 30 juz, dan juga bersyukur untuk diberi kesempatan menghafal Al-Qur’an, ini merupakan cita-cita semua santri dan juga tujuan ponpes Dar el-Iman,” ungkap Najwan.

Semoga dengan keberhasilan 4 santri dalam menyelesaikan hafalan 30 juz Al-Qur’an ini dapat memotivasi santri lainnya untuk lebih giat dalam menghafal Al-Qur’an. Dan semoga Pondok Pesantren Dar el-Iman senantiasa dijaga oleh Allah dari segala macam maksiat dan dosa yang dapat membuat seseorang menjadi malas dalam memperjuangkan hafalan Al-Qur’an dan dalam mengamalkannya.

Reporter: Egi Luscandra | Redaktur: Syaugi

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *