18 Juni 2024
Juara MTQ Jadi PNSFoto: Kemenag

Kabasurau.co.id. Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin, mengemukakan ide untuk memberikan penghargaan jangka panjang kepada juara dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Usulannya adalah mengangkat para juara MTQ sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai bentuk penghormatan terhadap prestasi mereka.

Ide inovatif ini diungkapkan oleh Kamaruddin Amin saat menerima kunjungan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sumbar di Jakarta. Ia menyamakan usulan ini dengan penghargaan jangka panjang yang diberikan kepada juara Olimpiade di dunia olahraga.

“Serupa Olimpiade di dunia olahraga, mesti ada penghargaan jangka panjang untuk mereka (peserta MTQ) yang menyabet gelar juara, termasuk diangkat menjadi PNS,” jelas Kamaruddin Amin dalam keterangannya Rabu (20/9/2023).

Selain mengusulkan penghargaan tersebut, Kamaruddin Amin juga bersemangat dalam membahas persiapan MTQ ke-40 Tingkat Provinsi Sumatra Barat, yang akan digelar pada 28 November hingga 3 Desember 2023 mendatang di Kabupaten Solok Selatan. Menurutnya, MTQ bukan sekadar kompetisi, tetapi juga sebuah momentum untuk meningkatkan kualitas keberagamaan masyarakat.

“Gelaran ini selalu mendapat perhatian dari publik. Sebab, mereka (peserta MTQ) membaca, menghafal, dan menyiarkan Al-Qur’an ke masyarakat,” ujarnya.

Kamaruddin Amin juga menekankan bahwa MTQ memiliki dampak positif yang besar pada stabilitas sosial, politik, dan ekonomi Indonesia. Menurutnya, Al-Qur’an yang dilantunkan dan dihafalkan, serta doa yang dilangitkan oleh para penghafal Al-Qur’an, akan membawa dampak positif terhadap bangsa.

“Doa dan bacaan yang selalu dilafazkan, diasah, dan dijaga sepanjang waktu oleh mereka, akan berdampak positif terhadap Indonesia,” pungkasnya.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Gubernur Sumatra Barat yang diwakili Kabiro Kesra Sumbar, Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, Kakanwil Kemenag Sumbar, Kakankemenag Solok Selatan, dan Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Alquran dan Alhadist.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *