15 Juni 2024
Hari nasional Arab Saudi ke-93Wapres Ma’ruf Amin bersama Duta Besar Arab Saudi untuk Republik Indonesia, Faisal Abdullah H Amodi serta Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, M Jusuf Kalla. (Foto: Kemenag).

Kabasurau.co.id. Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjadi tamu kehormatan dalam Peringatan Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi ke-93 yang diselenggarakan di Grand Ballroom, Raffles Hotel, Jakarta Selatan pada Senin malam. Acara yang penuh makna ini menandai hubungan diplomatik yang semakin erat antara Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi.

Pada pukul 20.00 WIB, Wapres Ma’ruf Amin tiba di Grand Ballroom Raffles Hotel Jakarta, disambut oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Republik Indonesia, Faisal Abdullah H Amodi. Kedua tokoh ini langsung menuju lokasi acara yang dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, M Jusuf Kalla.

Peringatan Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi ke-93 ini digelar oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia untuk memperingati berdirinya Kerajaan Arab Saudi oleh Raja Abdulaziz bin Abdul Rahman Al Saud. Peristiwa ini dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 23 September.

Dalam sambutannya, Duta Besar Arab Saudi, Faisal Abdullah H Amodi, menyatakan komitmen penuh Kerajaan Arab Saudi untuk memperkuat kerja sama dengan Pemerintah Indonesia melalui berbagai kolaborasi di segala bidang. Tidak hanya itu, Arab Saudi juga sangat menyambut baik rencana kunjungan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, ke negara mereka pada bulan Oktober 2023 mendatang.

“Kami sangat menyambut baik kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke Arab Saudi pada bulan Oktober mendatang. Kunjungan ini diharapkan akan memperkuat kontribusi hubungan kedua negara pada level strategis di segala bidang, serta dapat menampung aspirasi dari kedua negara yang bermanfaat bagi Arab Saudi dan Indonesia,” ujar Faisal Abdullah H Amodi.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan ucapan dan apresiasi kepada Kerajaan Arab Saudi atas peringatan Hari Nasional yang ke-93 ini. Ia juga berharap kemakmuran dan kesejahteraan bagi Kerajaan Arab Saudi.

“Atas nama pribadi, pemerintah, dan rakyat Republik Indonesia, saya mengucapkan selamat kepada Kerajaan Arab Saudi sehubungan dengan peringatan Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi yang ke-93,” kata Menteri Yaqut.

Acara puncak ditutup dengan prosesi pemotongan kue yang secara simbolis dilakukan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Duta Besar Arab Saudi Faisal Abdullah H Amodi.

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi dimulai pada 1 Mei 1950 dan saat ini melibatkan berbagai bidang, termasuk politik, pendidikan, sosial budaya, perdagangan, dan investasi. Peringatan Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi ini, yang juga dikenal sebagai Al-Yaom-ul-Watany, adalah momen bersejarah yang mengukuhkan persahabatan antara kedua negara.

Pada pertemuan sebelumnya pada 28 Agustus 2023, Duta Besar Arab Saudi untuk Republik Indonesia, Faisal Abdullah H Amodi, secara khusus mengundang Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk menghadiri peringatan Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi ke-93 ini. Pertemuan tersebut juga menjadi ajang pembahasan untuk meningkatkan kerja sama di sektor pembangunan ekonomi dan investasi.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *