17 Juli 2024
Bawaslu Padang PanjangSimulasi pemilu yang dilaksanakan Bawaslu Padang Panjng. Foto: Diskominfo Padang panjang

Kabasurau.co.id. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang Panjang menggelar Rapat Pengawasan serta Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 di Auditorium Mifan Waterpark pada Sabtu (27/1). Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pemungutan suara, serta mengatasi potensi masalah yang mungkin muncul selama pelaksanaan Pemilu nanti.

Simulasi pemungutan suara dimulai pada pukul 07.00 WIB dan berlangsung hingga pukul 13.00 WIB, dilanjutkan dengan penghitungan suara mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai. Plh. Ketua Bawaslu Padang Panjang, Winda Aprizona, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal untuk mengantisipasi dan menyelesaikan permasalahan yang sering terjadi selama Pemilu.

“Kita mengadakan kegiatan ini guna sebagai kesiapan untuk menghadapi Pemilu 2024. Apa masalah yang sering terjadi, kita simulasikan hari ini dan kita bahas setiap permasalahan yang ada,” jelas Winda.

Dalam simulasi ini, hadir Pengawas Kelurahan Desa, Panwascam beserta jajarannya, PWI, dan Dinas Kominfo. Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Padang Panjang, Gunawan, turut hadir sebagai narasumber untuk menyampaikan substansi pengaturan pedoman teknis pemungutan dan perhitungan suara pemilu.

Menurut Gunawan, kunci utama dalam pemilu adalah jumlah surat suara harus sama dengan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih. “Harus sama dengan jumlah total suara sah dan tidak sah. Ini perlu menjadi perhatian bagi kita semua,” katanya.

Rapat dan simulasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan seluruh pihak terkait dalam menyelenggarakan Pemilu 2024, sehingga proses pemungutan suara dapat berlangsung secara lancar dan transparan. Badan Pengawas Pemilu Kota Padang Panjang berkomitmen untuk memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi dan integritas.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *