1 Maret 2024
Panglima TNI Baruist

Kabasurau.co.id. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengangkat Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI pada Rabu pagi. Pelantikan yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, didasari oleh Keputusan Presiden Nomor 102/TNI Tahun 2023 yang ditetapkan pada 22 November 2023.

Upacara pelantikan melibatkan penyerahan tanda pangkat dan jabatan, serta tongkat komando Panglima TNI oleh Presiden Jokowi. Acara diakhiri dengan sumpah jabatan yang diucapkan oleh Agus, menegaskan kesetiaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Agus saat mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden.

Sebelumnya, DPR RI telah menyetujui pencalonan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI dalam Rapat Paripurna pada Selasa. Agus menggantikan Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menegaskan komitmennya untuk menjaga netralitas TNI dalam Pemilu 2024 sesuai dengan regulasi yang berlaku. “Apabila melanggar UU tersebut akan dikenakan hukuman disiplin atau teguran ataupun hukuman pidana. Komisi I jangan ragukan kita TNI,” tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut adalah sejumlah tokoh penting seperti Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua DPR RI Puan Maharani, serta beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju dan Kepala Staf Angkatan.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *