27 Mei 2024
Tangkapan Ikan NelayanPara calon pembeli ikan hasil tangkapan nelayan sedang melihat kualitas ikan, Kamis (10/8/2023).

Kabasurau.co.id. Nelayan di Kota Padang mendapat BPJS Ketenagakerjaan dari Pemerintah Kota Padang telah sebagai langkah berani. Program ini memberikan jaminan keselamatan kerja yang sangat dibutuhkan bagi nelayan yang berisiko tinggi saat berada di laut.

Sekretaris Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Syukral Syaukani, mengumumkan kolaborasi penting ini antara pemerintah kota, pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dan BPJS Ketenagakerjaan. Dana untuk kepesertaan nelayan di BPJS Ketenagakerjaan akan disediakan melalui anggaran provinsi, menunjukkan komitmen kuat dalam melindungi nelayan Kota Padang.

Sebelumnya, dari 7.570 nelayan di Kota Padang, belum ada yang memiliki jaminan keselamatan kerja. Namun, dengan kartu jaminan BPJS mulai berlaku bulan ini, sebanyak 238 nelayan telah menerima kartu BPJS dalam acara yang digelar di Kampung Nelayan, Pasie Nan Tigo, Koto Tangah, pada Jumat kemarin.

Baca juga: Hukum Menerima Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Menurut Islam

Wali Kota Padang, Hendri Septa, menyatakan bahwa ini adalah langkah penting dalam memberikan perlindungan yang layak kepada nelayan. Dia menyebutnya sebagai “bentuk kepedulian Pemerintah kepada masyarakatnya yang berprofesi sebagai nelayan sehari-hari.”

Dengan total 238 dari 5 kecamatan mendapat kartu BPJS Ketenagakerjaan, Hendri Septa juga menekankan bahwa proses ini akan berlanjut untuk mencakup seluruh nelayan Kota Padang.

“Kami akan terus bekerja sama dengan Dinas dan instansi lain untuk mendata nelayan yang belum terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan,” tambahnya.

Program ini membawa berita baik bagi nelayan, karena jika mereka mengalami musibah kecelakaan atau bahkan meninggal dunia, ahli waris mereka akan menerima santunan sebesar Rp42 juta.

Selain itu, saat kecelakaan terjadi saat jam kerja, nelayan juga akan mendapatkan jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan, memberikan mereka rasa aman dalam menjalankan pekerjaan berisiko tinggi mereka.

Dengan demikian, nelayan Kota Padang kini memiliki perlindungan yang lebih baik dalam menjalankan profesi mereka yang penuh tantangan di lautan.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *