1 Maret 2024
Haji 2024 BipihKondisi Masjidil Haram sebelum Pandemi, Ahad (26/1/2020). Foto: Fairuz Syaugi

Kabasurau.co.id. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) telah berhasil menyelesaikan seluruh tahapan seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M tingkat pusat. Juru Bicara Kementerian Agama, Anna Hasbie, mengonfirmasi bahwa hasil seleksi tersebut direncanakan akan diumumkan pada akhir bulan Februari 2024.

Proses seleksi PPIH Arab Saudi di tingkat pusat dimulai dengan pendaftaran dan penilaian berkas pada rentang waktu 11 hingga 19 Januari 2024. Pendaftaran dilaksanakan secara daring melalui Pusaka Superapps Kementerian Agama.

Para peserta yang berhasil lolos verifikasi berkas kemudian mengikuti tahapan Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara. Tahap ini dilaksanakan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, pada 25 Januari 2024.

“Hasil seleksi PPIH Arab Saudi akan kita umumkan pada tanggal 26 Februari 2024,” ungkap Anna Hasbie dalam keterangannya di Jakarta pada hari Minggu (28/1/2024).

Anna menambahkan bahwa saat ini Ditjen PHU tengah aktif melakukan persiapan-persiapan penting untuk penyelenggaraan ibadah haji. Di dalam negeri, proses pelunasan tahap I sedang berlangsung hingga tanggal 12 Februari 2024. Di luar negeri, Tim Ditjen PHU juga sedang berupaya keras dalam menyiapkan layanan-layanan bagi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi, termasuk layanan konsumsi, transportasi, dan akomodasi.

Dalam konteks ini, Anna menyatakan, “Kita juga sedang menggodok skema pelatihan petugas haji agar bisa lebih efektif dan mampu melahirkan petugas yang siap dan profesional dalam melayani jemaah.”

Anna juga menegaskan bahwa setelah pengumuman hasil seleksi, rencananya akan diadakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi para petugas haji. Harapannya, Bimtek dapat diselenggarakan sebelum datangnya bulan Ramadan.

Berita terkait sebelumnya mencatat partisipasi ribuan peserta dalam CAT PPIH Arab Saudi, dengan Kementerian Agama menekankan pentingnya kefamiliaran dengan teknologi digital bagi para calon petugas.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *