18 Juni 2024

Seseorang yang Berinteraksi dengan Al-Quran maka ia akan mendapatkan keutamaan dari Al-Quran

Al-Quran adalah Sebaik-baik perkataan karena ia adalah firman Allah Ta’ala.sehingga Al-Quran menjadi perkataan yang terbaik. Rasulullah ﷺ bersabda :


فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرُّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ

“Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sejelek-jelek perkara adalah (perkara agama) yang diada-adakan, setiap (perkara agama) yang diada-adakan itu adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah kesesatan” (HR. Muslim no. 86).

Siapa yang membawa Al-Quran? Adalah Jibril alaihi salam maka malaikat Jibril menjadi Rasulnya dari kalangan malaikat dan menjadi pemimpinnya para malaikat sehingga malaikat Jibril menjadi pemimpinnya malaikat. Allah Ta’ala mensifati Malaikat Jibril dengan firman-Nya,


إِنَّهُ لَقَوْلُ رَسُولٍ كَرِيمٍ﴿١٩﴾ذِي قُوَّةٍ عِنْدَ ذِي الْعَرْشِ مَكِينٍ﴿٢٠﴾مُطَاعٍ ثَمَّ أَمِينٍ

“Sesungguhnya Alquran itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril), yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai ‘Arsy, yang ditaati disana (di alam malaikat) lagi dipercaya.” (QS. at-Takwir: 19-21).

Juga firman Allah Subhanahu wa Ta’ala,

عَلَّمَهُ شَدِيدُ الْقُوَىٰ﴿٥﴾ذُو مِرَّةٍ فَاسْتَوَىٰ

“Yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat. Yang mempunyai akal yang cerdas; dan (Jibril itu) menampakkan diri dengan rupa yang asli.” (QS. an-Najm: 5-6).


Tahukah kita Kapan diturunkan nya Al-Quran? Yaitu Pada malam lailatul qodr. Sehingga malam lailatul qodr menjadi Sebaik-baik malam. Allah berfirman :
لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ خَيْرٌۭ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍۢ

Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.(Surat Al-Qadr (97) Ayat 3)

Dan pada bulan apa diturunkan nya Al-Quran?
Pada bulan Ramadhan. Sehingga bulan Ramadhan menjadi Sebaik-baik bulan. Allah berfirman :


شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًۭى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَـٰتٍۢ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍۢ فَعِدَّةٌۭ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.(surat Al-Baqarah (2) Ayat 185)

Kepada siapa diturunkan nya Al-Quran?
Kepada Nabi Muhammad ﷺ. Sehingga Nabi Muhammad ﷺ menjadi pemimpin anak cucu adam. sabda Nabi Muhammad ﷺ :
أَنَا سَيِّدُ النَّاسِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ (البخاري و مسلم)
Aku adalah tuan seluruh manusia pada hari kiamat [Bukhari dan Muslim]

Dan barangsiapa yang memiliki sedikit dari Al-Quran maka Allah akan muliakan dia.sebagaimana sabda Nabi Muhammad ﷺ :
خيركم من تعلم القرآن وعلمه
“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”. (HR. Bukhori).

Mari kita perbanyak berinteraksi dengan Al-Qur’an agar kita bisa mendapatkan keutamaan membaca Al-Qur’an.

Baca Juga : Menertawai dalam Masalah Agama

Penulis : Ustadz Rahmat Ridho S.Ag

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *