SMA Dar el-Iman Islamic Boarding School Raih Akreditasi A

428
SMA Dar el-Iman Islamic Boarding School

Kabasurau.co.id: SMA Dar el-Iman Islamic Boarding School (DIBS) meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN SM). Penilaian ini berdasarkan hasil rapat pleno BAN-S/M tanggal 6 Desember 2021 dalam bentuk Surat Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah nomor 1336/BAN-SM/SK/2021 yang diterima Redaksi, Rabu (29/12/2021).

Surat Keputusan yang ditetapkan di Jakarta oleh ketua BAN-S/M, DR Toni Toharudin, M.sc., salah satunya menjelaskan hasil Surveilans Akreditasi Sekolah/Madrasah tahun 2021. Di dalamnya terdapat 4 sekolah asal Sumatera Barat yang menerima peringkat akreditasi, yakni SMA 10 Sijunjung dengan perolehan nilai akhir 92 peringkat A , SPMN 2 Pasaman dengan nilai akhir 86 peringkat B, SMA Dar el-Iman Islamic Boarding School dengan nilai akhir 91 peringkat A, dan SMAN 2 Linggo Sari Baganti memperoleh nilai akhir 82 peringkat B.

Dijelaskan di dalam surat keputusan tersebut, masa berlaku sertifikat adalah 5 tahun terhitung sejak ditetapkan sebelum melakukan banding/keberatan. Kemudian dijelaskan tujuan dari penilaian akreditasi ini sebagai bentuk pelaksanaan pedoman akreditasi tahun 2021 bagian 2 E. Badan Akreditasi Nasional perlu melakukan surveilans demi menjamin prinsip akurasi, objektifitas dan akuntabilitas hasil akreditasi sekolah/madrasah.

Sebelumnya SMA DIBS telah menjalani berbagai tahapan akreditasi yang dinilai langsung oleh tim Asesor. Diungkapan oleh ustadz Edwin selaku Kepala Sekolah SMA DIBS yang dikutip dari berita yang kami rilis Tingkatkan Kualitas Sekolah, SMA DIBS Ikuti Proses Akreditasi tanggal (9/8/2021), beberapa point penilaian yang telah dilakukan yaitu sistem administrasi, wawancara, dan observasi akan menjadi tolak ukur penilaian yang menjadi fokus saat ini.

“Proses penilaian ditinjau dari sisi administari kita, kemudian dilanjutkan dengan penilaian dari sisi penggalian wawancara, kemudian penggalian dari sisi observasi,” Jelasnya dalam berita tersebut.

Ustadz Edwin juga menyampaikan harapan dalam rilis tersebut, SMA DIBS dapat memperoleh hasil yang maksimal, yang mana menurutnya nilai yang baik adalah bukti dari pengelolaan yang baik dijalani selama ini di sekolah.

Penulis: SY

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here