Tahun Ini Ditargetkan Beroperasi, DEI Farm Taman Wisata Edukasi yang Dinantikan

869
Suasana DEI Farm yang berlokasi di jalan raya Air Dingin, Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. (Foto : Syaugi)

PADANG (KabaSurau) : Selain berekreasi, tentunya memiliki nilai edukasi, inilah yang sedang dipersiapkan dalam program DEI Farm. Program ini merupakan salah satu bentuk usaha milik yayasan Dareliman yang bergerak dibidang perternakan dan perkebunan, selanjutnya juga diberikan kesempatan bagi pengunjung nantinya jika ingin mencoba sensasi beternak dan berkebun sebagai sarana edukasi. Hal ini dijelaskan oleh pengelola, yakni bapak Untung saat ditemui Kaba surau di lokasi DEI farm, yaitu di jalan raya Air Dingin, Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Jumat (5/2/2021).

Kandang sapi yang telah dipersiapkan, ditargetkan nantinya mampu menampung sapi untuk hari raya Idul adha.

“Alhamdulillah untuk persiapan di DEI farm untuk peternakan kita sudah ada beberapa tempat, ada kandang sapi kapasitas 7 ekor, kemudian kandang kambing kapasitas 30 ekor, nanti bisa kita gunakan untuk idul adha,” terang Untung.

Kolam ikan anakan hasil budidaya DEI farm.

Selain itu, saat ini telah tersedia kolam ikan, baik untuk anakan maupun untuk indukannya, serta juga tersedia kolam ikan lele yang akan dipanen dalam waktu dekat. Dijelaskan bapak Untung, ikan nila atau lele yang dibudidayakan DEI farm, direncanakan akan didistribusikan ke podok pesantren tahfiz Dareliman untuk dikonsumsi santri yang belajar di sana.

Kolam ikan lele yang siap di panen, direncanakan hasil panen akan di distribusikan ke ponpes tahfiz Dareliman.

Untuk perkebunan, saat ini memasuki uji coba tanam. adapun tanaman yang sedang diuji cobakan adalah pohon surian, durian, rambutan dan pinang. Dari seluruh tanaman ada yang masih hidup dan ada yang masih dalam penyesuaian dengan lokasi.

Bapak Untung selaku pengelola DEI farm yang saat ini masih dalam tahap pesiapan.

“Insyaallah, target kami dalam tahun 2021 ini kita bisa mulai beroperasi dari segi peternakan, perkebunan dan wisata edukasi. tentu kami meminta doa restunya,” tutupnya.

Dalam pantauan Kaba surau, persiapan DEI farm telah mencapai 50 persen lebih, semoga pembangunan dan pesiapan sarana wisata dan edukasi ini berjalan dengan baik dan lancar. sehingga rasa penasaran dengan konsep wisata yang ditawarkan DEI farm dapat terjawab. (SY)

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here