15 Juni 2024
Tanah DatarIstano Basa Pagaruyung Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Foto: Syaugi

Kabasurau.co.id. Pada Penilaian Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun anggaran 2023, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar meraih prestasi gemilang dengan menjadi yang terbaik. Keberhasilan ini tak hanya mendapatkan apresiasi, namun juga diikuti dengan pemberian reward berupa dana Bantuan Keuangan Bersifat Khusus (BKK) senilai Rp.17 Milyar lebih untuk tahun anggaran 2024. Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah secara resmi menyampaikan penghargaan ini kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sebuah acara audiensi yang berlangsung pada Senin malam (22/1/2024) di Istana Gubernur.

Upaya dan kerja keras yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam perencanaan pembangunan daerah akhirnya membuahkan hasil gemilang. Pada Penilaian Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun anggaran 2023, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berhasil mencatatkan diri sebagai yang terbaik, mengungguli pesaing-pesaingnya.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, secara langsung menyampaikan keberhasilan ini kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sebuah acara audiensi yang diadakan pada Senin malam (22/1/2024) di Istana Gubernur. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Mahyeldi Ansharullah turut dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumbar, Medi Iswadi, Asisten Ekobang Setda Tanah Datar Alfian Jamra, Kepala Bappedalitbang Tanah Datar Adriyanti Rustam, serta beberapa pejabat lainnya termasuk Kepala BPKD Tanah Datar Helfy Rahmy Harun, Kadis PUPR Ten Feri, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, dan Kabid IK Dinas PUPR.

Sebagai penghargaan atas prestasi tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberikan reward berupa dana BKK senilai Rp.17 Milyar lebih kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk tahun anggaran 2024. Bupati Tanah Datar Eka Putra menyambut baik reward tersebut dan menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumbar.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pak Gubernur, dana BKK ini seluruhnya akan kami gunakan untuk perbaikan dan pembangunan beberapa ruas jalan yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Datar guna mendukung aksesbilitas pariwisata, akses ekonomi, dan pusat-pusat ekonomi serta sentra produksi pangan,” ujar Bupati Eka Putra.

Selain itu, Bupati Eka Putra juga mengusulkan perbaikan ruas jalan provinsi yang ada di Tanah Datar, termasuk ruas jalan Batusangkar-Baso-Payakumbuh, Batusangkar-Ombilin, ruas jalan Payakumbuh-Sitangkai, dan Batusangkar-Sitangkai. Ia menyoroti kondisi beberapa ruas jalan yang rusak, bahkan ada masyarakat yang menanam batang pisang di tengah jalan. Bupati Eka Putra menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pendekatan persuasif untuk mengatasi hal ini.

Gubernur Mahyeldi menjelaskan bahwa bantuan dana BKK senilai Rp.17 Milyar diberikan sebagai reward atas prestasi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar sebagai juara 1 penilaian PPD tahun anggaran 2023. Ia menegaskan kesiapan Pemerintah Provinsi Sumbar untuk membantu Pemerintah Daerah, asalkan kelengkapan administrasi terpenuhi. Gubernur juga mengungkapkan bahwa Pemprov Sumbar sudah menganggarkan perbaikan jalan yang dimaksudkan oleh Bupati untuk tahun 2024 ini. Selain itu, Gubernur Mahyeldi mendukung penggunaan dana BKK untuk meningkatkan aksesibilitas guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *