18 Juni 2024
Jokowi dan ErdoganJokowi dan Erdogan saat menghadiri KTT Luar biasa OKI di Arab Saudi.

Kabasurau.co.id. Dalam KTT Luar Biasa OKI di Riyadh, 11 November 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Recep Tayyip Erdogan bersatu demi Palestina. Mereka sepakat memperkuat aksi bersama menyelesaikan masalah Gaza. Presiden Jokowi menegaskan perluasan dukungan, sambil mengingatkan dunia tentang pentingnya kemerdekaan Palestina dengan pendekatan two-state solution.

“OKI harus bersatu dan mendesak gencatan senjata, serta jeda kemanusiaan yang aman,” ungkap Presiden Jokowi di King Abdulaziz International Convention Center, Arab Saudi. Ia menambahkan pentingnya akses bantuan kemanusiaan yang aman dan merata.

Presiden Jokowi berjanji menggunakan semua saluran diplomasi, termasuk PBB, Dewan HAM, dan Mahkamah Kejahatan Internasional, untuk membela keadilan dan kemanusiaan bagi rakyat Palestina.

Dalam pertemuan bilateral, kedua pemimpin membahas upaya bersama Indonesia dan Turki dalam menyelesaikan masalah di Gaza. Jokowi dan Erdogan juga merencanakan penguatan kerja sama bilateral dan intensifikasi perundingan Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT-CEPA) hingga tahun 2024.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi turut mendampingi Presiden Jokowi, menegaskan komitmen Indonesia untuk membela keadilan dan kemanusiaan di tingkat internasional.

Di Jalur Gaza, pertempuran antara militan dan Israel terus berlangsung, meningkatkan jumlah korban menjadi 11.180 orang. Pemerintah Hamas melaporkan 4.609 anak-anak dan 3.100 perempuan menjadi korban tewas. Situasi kemanusiaan semakin memburuk dengan penyakit menyebar di kalangan pengungsi yang hidup dengan sumber daya terbatas.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *