13 April 2024
Misi Kemanusiaan GazaKRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 (KRI RJW-992)

Kabasurau.co.id. Usai melaksanakan misi kemanusiaan selama empat hari di Gaza, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 (KRI RJW-992) kini telah memulai perjalanan kembali menuju Tanah Air. Pada Sabtu (17/02/2024), kapal tersebut bertolak dari Dermaga El Arish, Mesir, setelah menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban konflik di wilayah tersebut.

Kegiatan penyaluran bantuan dan debarkasi misi kemanusiaan Gaza tersebut dilakukan dalam kerangka Satuan Tugas (Satgas) Port Visit Mesir 2024. Sebelum keberangkatan, seluruh personel KRI serta materiil kapal menjalani apel kelengkapan untuk memastikan kesiapan mereka dalam melaksanakan perjalanan pulang. Athan RI Kairo, Kolonel Kav Aria Sanggita Saleh, serta perwakilan pasukan militer Mesir turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam apel tersebut, Komandan Satgas, Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh personel atas dedikasi dan kerja keras mereka dalam proses bongkar muatan bantuan kemanusiaan. Selain itu, peran proses bertolaknya kapal dari Dermaga El Arish, Mesir, juga ditekankan guna menjaga keselamatan dan keamanan seluruh personel KRI.

Perjalanan kembali menuju Indonesia diperkirakan akan memakan waktu sekitar tiga minggu. Di sisi lain, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, juga menyampaikan pesan kepada seluruh prajurit Jalasena untuk senantiasa menjaga keamanan dan keselamatan dalam menjalankan tugas yang diamanahkan. Kasal juga menekankan komitmen TNI AL dalam memberikan manfaat besar bagi masyarakat Indonesia maupun internasional, termasuk dalam misi perdamaian dan kemanusiaan.

Perjalanan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 kembali ke Tanah Air menjadi bukti nyata dari komitmen Indonesia dalam mendukung upaya perdamaian dan kemanusiaan di tingkat internasional, serta menjadi perwujudan dari semangat kebersamaan dan solidaritas antarbangsa dalam mengatasi dampak konflik dan krisis kemanusiaan.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *