15 Juli 2024
Kantor MUI SumbarSyaikh Ahmad bin Isa Al Hasimiy berkunjung ke kantor MUI Sumbar.

Kabasurau.co.id. Kelompok militan Hamas yang menguasai Jalur Gaza telah melancarkan serangan terhadap Israel pada Sabtu dini hari, 7 Oktober 2023. Serangan ini telah menimbulkan reaksi yang kuat, terutama dari Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI), Prof Sudarnoto Abdul Hakim.

MUI melihat serangan Hamas sebagai peluang bersejarah bagi Palestina untuk meraih kemerdekaan dari penjajahan Israel. Menurut Sudarnoto, reaksi Israel terhadap serangan ini mungkin akan memicu semangat rakyat Palestina dalam perjuangan panjang mereka untuk merdeka. Sudarnoto menekankan pentingnya bersatunya seluruh faksi Palestina, seperti Fatah, dalam mengkonsolidasi upaya kemerdekaan mereka.

“Saya berharap setiap momen kedaulatan dan kemerdekaan Palestina dimanfaatkan sebaik mungkin oleh semua faksi Palestina. Dengan cara ini, Israel akan semakin kehabisan waktu dan kekuatan,” kata Sudarnoto.

MUI juga mendukung pendekatan bahwa serangan Hamas merupakan respons terhadap tindakan sewenang-wenang Israel yang telah lama merampas kedaulatan Palestina. Prof Sudarnoto menekankan bahwa Israel harus bertanggung jawab atas konsekuensi serangan Hamas ini.

MUI mengimbau untuk berhati-hati terhadap respons Israel dan pendukungnya, termasuk Amerika dan NATO, dan berpendapat bahwa reaksi tersebut harus diwaspadai karena bisa mengakibatkan beban yang lebih berat pada Israel dan dampak negatif di tingkat internasional.

MUI menegaskan kembali pentingnya mendukung kemerdekaan Palestina dan menghentikan imperialisme dan terorisme Israel. Tanggapan ini menekankan dukungan kuat MUI terhadap perjuangan Palestina untuk merdeka dan mengakhiri penjajahan yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *